Kalian pasti sudah sering mendengar dan melihat salah satu merk kenamaan yang sering berkolaborasi dengan produk lain, salah satu yang sangat popular di abad ke 20. Berangkat dari perusahaan fashion dan perkakas skateboard yang didirikan oleh James Jebbia di tahun
1954. Mereka mengawali debutnya sebagai skate shop di Manhattan dengan
menjual street wear dan segala keperluan skateboard. Di tahun 2000an Supreme
mengembangkan sayapnya menjadi kekuatan Branding. Dengan hanya bermodal desain
font unik dan box dibelakang, perusahaan tersebut mampu menarik perhatian publik internasional.
James meramu brand tersebut dan mengkombinasikan dengan pop
culture. Ia menggunakan budaya pop, hip hop, hingga punk. Dirinya mengemas antara kreatifitas branding dengan kekuatan genre yang saat ini sedang digemari
oleh kalangan muda. Selain itu strategi marketing lainnya ialah dengan
Berkolaborasi dengan produk ternama dunia.
Berawal dari Logo
Hanya sebuah logo dan berawal darisana, Supreme meminjam designer terkenal untuk beberapa perusahaan ternama saat itu, Barbara Krugger untuk mendesain labelnya. Dengan menggunakan Italic Font, Supreme mampu membuktikan kekuatan Branding yang mampu membius jutaan mata untuk membeli label yang mereka pasang.
Sejauh ini beberapa produk fashion, F&B, dan perkakas ternama telah berkolaborasi dengan merk ini. Lihat saja Nike, Adidas, North Face dan beberapa produk terkemuka lainnya seperti Oakley, Rolex, dan Playboy.
Di musim semi
tahun 2017, Supreme menggandeng label Fashion dunia seperti Levi’s dan Louis
Vuitton juga perusahaan sepeda seperti Coleman mini bike. Akhir akhir ini
mereka juga sukses menggaet produk permen skittles, yang berlanjut kerjasama dengan Perusahaan audio raksasa
JBL.
Selain itu Endorse Artist juga telah dilakukan pihak brand, sebut
saja management artist dunia seperti Michael Jackson, Mike Tyson, Muhammad Ali,
Public Enemy, The Clash, John Mayer dan beberapa musisi top dunia lainnya.
Pernah gak kamu mendengar Oreo kolaborasi Supreme? Dengan
harga yang satu bungkus biasanya ialah delapan ribu rupiah, karena
kolaborasinya dengan Supreme, Oreo mampu menjual harganya berkisar lima ratus
ribu rupiah. Sungguh harga yang fantastis yang dijual Oreo saat itu.
Dengan cap Supreme harga semua produk tersebut bisa mencapai 10x lipat,
mengapa bisa begitu ya? Menurut sumber yang penulis himpun, keunggulan produk
kolaborasi ialah Limited Edition, selain itu Supreme menjaga kualitas dan
kuantitas produk tersebut.
Anekdot Penulis, bagaimana seandainya tahu bulat
berkolaborasi dengan Supreme? Warbiasa bukan, akan sangat mengesankan bila
harga tahu bulat yang satu biji sekitar lima ratus rupiah menjadi 5 ribu
rupiah, mungkin kira kira jadinya begini slogannya.. “Tahu Bulat, digoreng dadakan, Lima ribu
rupiah..Gurih Gurih Nyoii”
Illustration: Rianrianx |
Komentar
Posting Komentar